Cara Merawat Cat Rambut agar Tahan Lama dan Tidak Mudah Pudar

Mewarnai rambut agar terlihat lebih stylish dan trendi sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan saat ini. Berbagai macam produk cat rambut pun sudah bertebaran di mana mana. Mulai dari harga sepuluh ribuan hingga ratusan ribu. Siapapun bisa mewarnai rambutnya sesuai keinginan, baik itu pria maupun wanita. Namun mungkin mewarnai rambut bagi pria cukup sulit dilakukan sendiri. Mewarnai rambut di barber shop akan lebih aman untuk dilakukan oleh pria. Salah satunya yaitu Giovani Barber Shop yang menyediakan layanan cat rambut, selain itu Giovani Barber Shop juga sedang membuka peluang usaha franchise bagi para pencari peluang usaha masa kini.

Rambut yang telah diwarnai tentunya perlu perawatan khusus agar warnanya tetap terlihat dan tidak cepat pudar. Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk merawat rambut berwana yang akan dibahas di bawah ini:

  1. Menggunakan Shampo Khusus Untuk Rambut Berwarna

Hal pertama yang bisa dilakukan ketika sudah memiliki rambut yang berwarna yaitu mengganti shampo yang biasa digunakan dengan shampo khusus untuk rambut berwarna. Rambut yang telah mengalami perubahan warna pastinya membutuhkan nutrisi dan keratin lebih yang mungkin tidak ada dalam kandungan shampo biasa. Selain itu, shampo khusus untuk rambut berwarna juga dapat mengunci warna yang sudah menempel pada rambut agar tetap terjaga dan bertahan lama. Rambut berwarna yang terus-menerus terkena paparan sinar matahari lama kelamaan akan memudar, dan salah satu cara untuk mencegahnya yaitu dengan menggunakan shampo khusus untuk rambut berwarna.

  • Menghindari Pemakaian Shampo Anti Ketombe

Selain perlu menggunakan shampo khusus untuk rambut berwarna, menghindari shampo anti ketombe juga diperlukan ketika ingin menjaga ketahanan warna rambut. Bahan-bahan yang terkandung di dalam shampo anti ketombe, seperti kandungan zinc, selenium sulfide, dan sulfur dapat melunturkan warna cat rambut dan membuat tekstur rambut menjadi lebih kering dan susah diatur.

  • Keramas dengan Menggunakan Air Dingin

Air dingin yang dimaksud bukanlah air yang benar-benar dingin yang berasal dari mesin pendingin atau kulkas. Melainkan air yang biasanya dipakai untuk mandi tanpa dihangatkan atau dimasak terlebih dahulu. Mengapa? Karena air panas atau air hangat yang mengenai rambut akan membuka kutikula rambut dan mempercepat proses pelunturan warna cat rambut. Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan menggunakan air panas atau air hangat untuk keramas ketika rambut sudah diwarnai.

  • Jangan Keramas Terlalu Sering

Rasa gatal dan minyak rambut yang terkadang membuat tidak nyaman pasti membuat keinginan untuk segera membersihkan rambut dengan cara berkeramas. Namun, ketika cat rambut sudah menempel pada rambut, membersihkan rambut dengan intensitas yang sering akan membuat warnanya semakin cepat pudar dan luntur. Namun, bukan berarti mengkeramas rambut tidak diperbolehkan, jika biasanya mencuci rambut satu hari sekali, cobalah untuk mengurangi intensitasnya hingga satu kali dalam tiga hari. Dengan begitu, warna rambut yang menempel akan bertahan lebih lama.

  • Menghindari Sinar UV Secara Langsung

Ketika beraktivitas diluar, tentunya tidak akan mungkin untuk terus menutupi rambut menggunakan topi ataupun penutup kepala lainnya. Rambut yang sudah diwarnai dengan indah pun tentunya ingin diperlihatkan kepada orang lain. Namun ternyata, rambut berwarna yang terlalu sering dan terlalu lama terkena paparan sinar UV atau sinar matahari dapat berubah menjadi kusam dan pudar dengan cepat. Oleh karena itu, penggunaan produk seperti leave on conditioner mampu mengantipasi paparan sinar UV yang mengenai rambut secara langsung.

Memiliki rambut yang cerah dan berwarna memang bagus dan indah. Namun, perawatan juga diperlukan agar rambut tetap sehat dan terjaga warnanya. Nah, sudahkah Anda berpikir untuk mulai mewarnai rambut Anda?

Sumber artikel: https://giovanibarbershop.com/blog/model-rambut-pria-yang-disukai-wanita/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *